Pilih D3 atau S1? Jangan Bingung, Ini Dia Keunggulan Keduanya

Pilih D3 atau S1? Jangan Bingung, Ini Dia Keunggulan Keduanya

Keunggulan S1 atau S1 lebih banyak teori sedangkan D3 hampir 70 persen praktis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon mahasiswa kerap dibingungkan dengan pilihan ingin kuliah D3 atau S1, apalagi dua pilihan ini akan menentukan karir mereka ke depan. D3 atau Diploma 3 merupakan program vokasi yang memfokuskan mahasiswanya pada praktek kerja sesuai dengan bidang studinya. Dengan demikian, lulusan D3 lebih siap menghadapi dunia kerja.


Lalu bagaimana dengan S1 atau Sarjana? Tahap pendidikan Sarjana mengutamakan teori daripada praktek, secara umum persentasenya sekitar 60 persen teori dan 40 persen praktek.


Jika bingung memilih jurusan D3 atau S1, jangan khawatir, kelebihan kuliah D3 atau S1 telah dirangkum dari berbagai sumber, agar calon mahasiswa tidak bingung lagi memilih perguruan tinggi. Berikut keunggulan masing-masing D3 atau S1:


Program D3 (Diploma).

fnMw8rlitF0


Bagi calon mahasiswa yang memiliki cita-cita ingin langsung bekerja setelah lulus kuliah, pilihan Diploma adalah jawabannya. Mengapa? Diploma memiliki waktu pendidikan yang lebih pendek daripada sarjana, jadi Diploma lebih fokus pada praktik daripada teori.


Kurikulum Diploma dirancang 70 persen praktik dan 30 persen teori, sehingga mahasiswa tidak hanya duduk mendengarkan cekikikan dosen, tetapi mengikuti kelas praktik di laboratorium.


Tidak hanya praktek, mahasiswa Diploma juga diwajibkan magang di perusahaan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah. Hal ini membuat pengalaman kerja program Diploma lebih praktis. Meski hanya bergelar A.Md (Ahli Madya), lulusan Diploma juga memiliki kesempatan yang sama untuk dapat melanjutkan pendidikan, dari jenjang sarjana hingga doktoral.


Program S1 (Sarjana)


Program Sarjana atau Sarjana merupakan impian banyak orang, bahkan sebagian orang awam menjadikan gelar sarjana sebagai standar profil. Dengan durasi studi selama 4 tahun, program sarjana merupakan tempat yang cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat dan mempelajari ilmu baru. Pendidikan sarjana dimaksudkan untuk fokus pada teori ilmiah, sehingga calon mahasiswa akan mendapatkan lebih banyak wawasan baru.


Gelar sarjana merupakan ruang untuk mengembangkan soft skill dalam manajemen waktu, komunikasi, berpikir kritis hingga kepemimpinan. Soft skill ini akan membantu calon mahasiswa ketika siap memasuki kehidupan sosial dan dunia kerja. Tidak hanya itu, gelar sarjana atau sarjana memberikan peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan banyak perusahaan menjadikan gelar sarjana sebagai persyaratan minimum untuk lowongan pekerjaan.


Itulah beberapa keuntungan memilih program studi D3 atau S1, kini saatnya memilih kampus yang tepat untuk kuliah. Universitas BSI (Pengembangan Teknologi Informasi) sebagai Kampus Digital Kreatif, telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) untuk masa studi pada bulan Maret. Perkuliahan periode bulan Maret akan dimulai pada tanggal 13 Maret 2023.


Lalu program apa saja yang dibuka? Pada program Sarjana (S1), BSI University membuka kelas untuk jurusan Teknik Industri, Teknik Elektro, Manajemen dan Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Sastra Inggris dan Rekayasa Perangkat Lunak.


Sedangkan pada program Diploma (D3), jurusan yang dibuka adalah Sistem Informasi Akuntansi, Teknologi Komputer, Bahasa Inggris, Humas, Periklanan, Perhotelan, Akuntansi, Manajemen Perpajakan, Administrasi Bisnis & Perkantoran dan Sistem Informasi. Untuk dapat melakukan pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunduh aplikasi PMB UBSI di play store atau mengunjungi laman https://ubsi.pmbonline.id/.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *