UPH Membuka Program Pendidikan Spesialis Kedokteran Keluarga

UPH Membuka Program Pendidikan Spesialis Kedokteran Keluarga


SINAR HARAPANUniversitas Pelita Harapan (UPH) resmi membuka program pendidikan kedokteran untuk layanan spesialis obat keluarga layanan primer atau PPDS KKLP sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dokter nasional.

Gelombang pertama program akan dimulai pada 2 Maret 2023. Pendaftaran telah dibuka untuk dokter umum yang telah bekerja minimal satu tahun, memiliki izin praktik aktif, dan praktik kedokteran.

“Melalui program ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam menghasilkan dokter spesialis yang unggul dan kompeten untuk kemajuan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia,” ujar Rektor. UPH Jonatan Parapak di Jakarta, Sabtu 28 Januari 2023.

Baca juga: PWI Umumkan Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, Ini Dia Para Pemenangnya

Jonathan mengucapkan terima kasih atas dikeluarkannya izin tersebut membuka program spesialis melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 10/E/O/2023.

Menurutnya, konsep obat keluarga telah hadir di luar negeri sejak lama dan terbukti membawa manfaat yang sangat besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

“Ke depan, dokter keluarga akan memegang peran kunci di garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Keren! SMA Labschool Jakarta Berpartisipasi dalam Kompetisi Simulasi Sidang PBB di Amerika Serikat

Dokter keluarga adalah bagian dari pelayanan kesehatan primer bagi pasien yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan berkelanjutan, melakukan diagnosa dan pengobatan medis, dan memberikan dukungan.

Tak hanya itu, dokter keluarga juga bertugas menyampaikan informasi tentang pencegahan, diagnosa, pengobatan, dan pendidikan kesehatan, deteksi dini penyakit, terapi pencegahan, dan perubahan perilaku kepada pasien.

Dekan Fakultas Kedokteran UPH Eka Julianta Wahjoepramono menjelaskan tentang program spesialis obat keluarga Pelayanan primer tersebut nantinya akan mendapat gelar Dokter Sp KKLP. Mereka akan berpraktik di fasilitas kesehatan primer sebagai dokter keluarga.

Baca juga: Konsumsi Suplemen Teh Hijau Dosis Tinggi Bisa Memicu Kerusakan Hati

Masa perkuliahan berlangsung selama tujuh semester dan akan dilaksanakan di kampus Fakultas Kedokteran UPH Desa Lippo.

Eka menambahkan sebagai lembaga pendidikan yang juga berafiliasi dengan fasilitas kesehatan, UPH menyadari tingginya permintaan masyarakat terhadap pelayanan Dokter Spesialis KKLP.

“Kehadiran Spesialis KKLP akan mengubah sistem dan kualitas layanan pendidikan serta memperkuat layanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama,” ujarnya.

Baca juga: Bandung Sudah Beberapa Kali Diguncang Gempa

sekolah medis UPH berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. PPDS KKLP merupakan program pendidikan dokter spesialis kedua UPH selain PPDS Radiologi yang dibuka tahun lalu.

Pendaftaran program kedokteran spesialis keluarga telah dibuka secara online melalui laman one.uph.edu yang dapat diakses dengan mudah. ***

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *