Universitas Pignatelli Triputra Outing Class Ke It Telkom Purwokerto

Universitas Pignatelli Triputra Outing Class Ke It Telkom Purwokerto

TRIBUNJATENG.COM – Sejumlah mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Pignatelli Triputra (UPITRA) Surakarta berkunjung ke Institut Teknologi Telkom di Purwokerto (16/12).

Kunjungan ini dilakukan untuk memenuhi salah satu mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Diharapkan mahasiswa dapat melihat secara nyata implementasi Sistem Informasi Manajemen di Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Outing Class Universitas Pignatelli Triputra Ke It Telkom Purwokerto
Outing Class Universitas Pignatelli Triputra ke It Telkom Purwokerto (IST)

Mahasiswa UPITRA didampingi oleh dua orang dosen yaitu Yenni Maria SE, MM dan Tri Anggoro, ST, MT dan diterima oleh Dekan IT Telkom Fakultas Informatika Purwokerto, Auliya Burhanuddin, S.Si., M.Kom, Kepala Bagian Akademik , Kepala Bagian Pendukung TI dan Ketua Program Studi Sistem Informasi.

Dalam sambutannya, Yenni menjelaskan alasannya berkunjung ke IT Telkom Purwokerto.

Menurutnya, kondisi pengelolaan layanan sistem informasi di UPITRA masih perlu dibenahi untuk mewujudkan kampus berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi).

“Ke depan, semuanya harus serba digital. Mudah-mudahan nanti mahasiswa yang mengikuti outing class ini memiliki gambaran tentang manajemen sistem itu sendiri, dan paham seperti apa dalam prakteknya nanti,” tutupnya.

Yudha scientifica, ST, MTI, Head of IT Support Purwokerto memaparkan berbagai layanan sistem informasi yang telah dikembangkan dan dikelola oleh unitnya untuk mendukung operasional di kampus IT Telkom Purwokerto.

“Beberapa yang dikembangkan adalah Sistem Informasi Igracias, Learning Management System (LMS), dan Sistem Informasi Keuangan,” jelas Yudha.

Igracias merupakan sistem informasi terintegrasi yang dapat diakses oleh seluruh pegawai dan mahasiswa untuk layanan administrasi perkuliahan atau proses bisnis di IT Telkom Purwokerto.

Sedangkan LMS merupakan platform yang digunakan untuk perkuliahan seperti upload materi, kuis, tugas dan sebagainya.

Mereka juga diperlihatkan bagaimana proses bisnis berjalan di IT Telkom Purwokerto dengan menggunakan sistem informasi yang telah dikembangkan.

Usai sesi diskusi, mereka juga diajak mengunjungi laboratorium yang digunakan prodi Sistem Informasi IT Telkom Purwokerto dalam melaksanakan praktikum, diantaranya Lab. pemrograman, Lab. Jaringan dan Lab. Pemrosesan Data, diakhiri dengan mengunjungi ruangan IT Support center.

Mahasiswa dari Pignatelli Triputra University terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian acara ini.

“Senang rasanya bisa belajar lebih jauh tentang manajemen layanan sistem informasi, ternyata variasinya cukup banyak.

Mudah-mudahan di kampus kita juga menerapkan hal yang sama dalam hal sistem informasi,” ujar salah satu mahasiswa.

Kegiatan outing class diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan Universitas Pignatelli Triputra dan dilanjutkan dengan foto bersama di Gedung Rektorat IT Telkom Purwokerto.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *