Catat! Kemendikbud Beri Kabar Penting Ini Untuk Guru Non Sertifikasi

Catat! Kemendikbud Beri Kabar Penting Ini Untuk Guru Non Sertifikasi


POSFLORES.COM | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) menyediakan berita mendesak untuk keseluruhan guru non sertifikasi di semua jenjang pendidikan.

Pasalnya, kabar ini sudah disampaikan Kemendikbud melalui Surat Edaran (SE) yang telah diterbitkan dengan No. 0124/B20GT.00.08/2023.

Dalam Surat Edaran untuk guru non sertifikasi Pembahasan tersebut membahas tentang penundaan jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Jabatan Kategori 1 Angkatan II Tahun 2022.

Dimana isi Surat Edaran tersebut memberikan informasi kepada guru non sertifikasi yang mengikuti program PPG dalam posisi siap menerima berita lanjut.

Selain itu, Kemendikbud juga membagikan informasi tersebut melalui akun Instagram resmi @ppgkemdikbud yang diunggah pada 25 Januari 2023.

Dalam postingan tersebut, Kemendikbud menginformasikan kepada peserta PPG bahwa jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG angkatan 1 angkatan II tahun 2022 ditunda.

diketahui sebelumnya, guru non sertifikasi yang telah mengikuti program PPG kategori 1 angkatan II angkatan 2022 akan mengikuti UKMPPG yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari sampai dengan 12 Februari 2023

Baca juga: Gerakan Orang Tua Asuh untuk Menekan Stunting di Manggarai Timur

Baca juga: Jalin Kerjasama, Kodim 0613/Ciamis & UPTD BPPIP Ciami Percepat Panen Rumput Odot dan Kohe dengan Metode Bio

Selanjutnya, Kemendikbud dan Ristek menyampaikan Surat Edaran (SE) dengan No. 2433/B2/GT.00.08/2022 tanggal 29 Oktober 2022 tentang Penetapan Mahasiswa PPG dan Mekanisme Lapor Mandiri Kategori 1 Angkatan II Tahun 2022 sebagai tindak lanjut dari hal tersebut.

Terkait hal itu, Kemendikbud menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) akan dijadwalkan dan dilaksanakan mulai 30 Januari hingga 6 Februari 2023.

Tanggal tersebut berlaku untuk pelaksanaan ujian kinerja yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat edarannya.

Perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan tes kinerja nantinya peserta PPG akan mengikuti ujian praktik pembelajaran disertai dengan video praktik pembelajaran.

Sedangkan pelaksanaan tes pengetahuan dilaksanakan pada 11-12 Februari 2023.

Uji pengetahuan sendiri merupakan uji kompetensi yang dilaksanakan secara serentak melalui daring yang bertujuan untuk mengukur pemahaman konsep atau pencapaian materi ketujuh hasil belajar lulusan (CPL).

Namun karena adanya penyesuaian jadwal dan persiapan pelaksanaan PPG dinas pada tahun 2023, maka jadwal pelaksanaan UKMPPG dinas kategori 1 gelombang II tahun 2022 mengalami kemunduran hingga diperoleh informasi lebih lanjut.

Guru dan kepala sekolah diharapkan dapat memberikan informasi tentang hal ini kepada guru yang akan mengikuti program PPG pada jabatan kategori 1 angkatan II tahun 2022.

Selain itu, luar biasa berita bahwa pelaksanaan Ukin dan UP PPG pada jabatan kategori 1 gelombang II akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023.

Sedangkan pendaftaran program PPG kategori 1 angkatan II tahun 2022 telah dibuka sejak tahun 2022.

Berbagai macam seleksi seperti administrasi dan wawancara telah dilalui oleh para peserta guru non sertifikasi yang mengikuti program PPG pada jabatan yang akan mengikuti UKMPPG.

Selain itu, para guru juga telah mengikuti program pendidikan perkuliahan yang bertujuan untuk membentuk guru berkompeten di bidangnya.

Pada tahun 2023, pendidikan perkuliahan telah mencapai puncak pendidikan yang dilaksanakan dalam program PPG di kantor.

Untuk itu, para guru non sertifikasi yang mengikuti program PPG angkatan 1 angkatan II tahun 2022 dapat mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian akhir dalam penundaan pelaksanaan UKMPPG.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Sumber: Naikpangkat.com

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *