Indonesia Disebut Perlu Lebih Serius Investasi pada Pendidikan Tinggi

Studium Generale UNY. DOK UNY

Jakarta: Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Badri Munir Sukoco menyampaikan bahwa Indonesia perlu lebih serius dalam berinvestasi pendidikan tinggi. Hal ini demi terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Emas Indonesia 2045.

“Dua syarat suatu negara disebut sebagai negara maju, yaitu mampu menopang kemampuan inovasi bangsa dan pendidikan tinggi kelas dunia. Indonesia perlu lebih serius dalam berinvestasi pendidikan tinggi untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, ujar Badri dalam Studium Generale bagi dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dikutip dari laman uny.ac.id, Jumat 27 Januari 2023.

Dia mengatakan Indonesia perlu bersiap peta jalan jangka panjang agar universitas terbaik berkelas dunia. Dia mengatakan memiliki universitas kelas dunia memungkinkan transfer teknologi dan membawa bakat global untuk meningkatkan kemampuan inovasi bangsa.





Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Selain itu, ada empat alasan pentingnya pemeringkatan dalam pendidikan tinggi. Itu adalah merek lembaga, meningkatkan organisasi dan manajemen lembaga, dasar pengambilan keputusan, serta pengaruh terhadap kerjasama dan kemitraan.

Badri menjelaskan, Indonesia perlu belajar dari China yang telah menetapkan 10 industri strategis yang akan dibidik. Seperti peralatan elektronik, mesin pertanian, teknologi informasi, peralatan kereta api, dan peralatan kedirgantaraan.

“Targetnya 2045 ekspor dari China mengacu pada 10 industri tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan kekhawatiran Amerika bahwa China akan mampu memproduksi barang-barang berteknologi tinggi yang akan menjadikannya sebagai alternatif. Hal ini didorong oleh perguruan tinggi karena penelitian pendidikan tinggi dipatenkan dan digunakan oleh industri.

“Oleh karena itu, diperlukan penyiapan sumber daya manusia untuk menyongsong Indonesia Maju 2045,” ujarnya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair itu mengatakan, ada beberapa hal yang dilakukan Unair untuk mempersiapkan SDM unggul menuju Indonesia Gold 2045. Ia mengatakan, pengakuan global adalah hasil seluruh peningkatan kualitas Tri Dharma dan unsur pendukungnya.

Adapun yang perlu dipelajari yaitu praktik terbaik manajemen basis data, praktik terbaik manajemen reputasi untuk AR dan ER, praktik terbaik berkolaborasi dengan mitra akademik dan alumni, serta beradaptasi praktik terbaik untuk kondisi di Unair.

Badri mengacu pada PTN-BH, sebuah proses manajemen yang lincah dan bersikap proaktif dalam perubahan lingkungan memungkinkan peningkatan kinerja yang berkelanjutan. Budaya akademik di-membina dengan tujuan akhir Yang Mulia universitas yang berdampak pada dunia dan memungkinkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Global Competitiveness of UNY Gercep’. Acara dibuka oleh Rektor UNY Sumaryanto dalam rangka menyambut perkuliahan yang akan dimulai Senin, 30 Januari 2023.

Alumni UNY Sutarno Bintoro mengatakan, bisnis tidak dibayangkan tapi dijalankan. 10 persen belajar dan bergaul dengan ekosistem bisnis yang sukses dan bereputasi baik dan 90 persen praktik bisnis.

“Bagaimana memulai bisnis? Yakni dengan menerapkan prinsip 3C dalam bisnis China yaitu Cuan, Cincai dan Cengli,” ujarnya.

Sutarno menjelaskan bahwa suan artinya untung/untung, cincai artinya luwes, dan cengli artinya jujur. Alumnus prodi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya ini mengatakan, modal utama usaha yang harus dimiliki adalah niat dan pengalaman, dibutuhkan ilmu, semangat dan keberanian, networking dan skill.

Namun, modal terbesar dan utama dalam bisnis adalah reputasi. Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, sistem pendidikan tinggi di Indonesia sangat besar dengan total 4.530.

Tata kelola pendidikan belum optimal sehingga berdampak pada pencapaian mutu penyelenggaraan pendidikan. “Besarnya sistem pendidikan tinggi tidak diikuti dengan kualitas yang baik karena kesenjangannya masih cukup besar,” ujar Syaiful.

Paradigma pendidikan Indonesia ke depan masih relevan untuk terus memastikan peta jalan pendidikan Indonesia seperti di masa depan. Syaiful ingin LPTK masuk dalam substansi UU Sisdiknas yang semangatnya memperkuat LPTK karena memiliki sejarah panjang dalam mempersiapkan siswa menjadi guru.

(REN)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *