Punya Nilai Fisika Bagus? Ini 14 Rekomendasi Jurusan Kuliah di SNBP

Jakarta: Besar bagi anda yang mengambil IPA ada banyak pilihan di Kampus. Namun, jika Anda memiliki nilai fisika yang bagus, ada beberapa jurusan yang berhubungan dengan fisika yang harus dipertimbangkan untuk diseleksi dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Berikut rekomendasi jurusan SNBP bagi kamu yang memiliki nilai Fisika bagus dikutip dari laman tersebut saya pintar:

1. Fisika

Program studi ini biasa dikenal dengan Departemen Fisika Murni. Jurusan ini pasti akan menarik bagi Anda yang sudah terlanjur cinta dengan fisika.

Selama kuliah, Anda akan mempelajari mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, optik, mekanika kuantum, fisika teori, metode pengukuran, hingga analisis data.





Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Prospek pekerjaan Departemen Fisika cukup beragam. Jika melanjutkan ke Program Pascasarjana, Anda dapat berkarir di bidang penelitian fisika teori, fisika kuantum, fisika material, fisika medis, dan lain-lain. Ada juga alumni yang bekerja di industri farmasi, kosmetik, bahkan kimia. Bidang elektronika, telekomunikasi, penerbangan, dan energi juga membutuhkan lulusan dari Jurusan Fisika.

2. Astronomi

Pernahkah Anda tertarik dengan Jurusan Astronomi? Sebenarnya Astronomi adalah jurusan yang berhubungan dengan kimia, matematika, dan fisika juga.
Siswa astronomi belajar tentang fisika bintang dan planet, galaksi, dan struktur alam semesta, astrofisika kosmologis, astronomi observasional, dan astrofisika teoretis. Materi seperti teori Big Bang, fotometri, interferometri, mekanika kuantum, relativitas, dan fisika partikel tentu akan menarik bagi Anda yang mengambil jurusan ilmu alam.

3. Arsitektur

Arsitektur adalah salah satu jurusan kuliah untuk mahasiswa fisika dengan peluang kerja yang besar. Seorang arsitek dapat bekerja pada perusahaan konsultan arsitektur, Dinas Pekerjaan Umum, perusahaan kontraktor, perusahaan properti, atau membuka praktek mandiri.

Pekerjaan di atas sepertinya tidak berhubungan langsung dengan fisika. Namun, selama kursus Arsitektur Anda, Anda mempelajari bahan konstruksi, teknologi konstruksi, perencanaan dan implementasi konstruksi, desain jalan, desain sistem drainase, dan materi lain yang berkaitan dengan fisika.

4. Teknik Metalurgi

Kuliah metalurgi akan menarik bagi Anda yang menyukai fisika. Departemen fisika ini memberi Anda kesempatan untuk belajar tentang proses produksi dan pemrosesan logam dan material. Ekstraksi, pengecoran, penempaan, pengelasan, pemurnian dan modifikasi logam, teknik analisis program, hingga sifat-sifat bahan logam, semua itu akan dipelajari selama mata kuliah Teknik Metalurgi.

5. Teknik Nuklir

Kamu yang suka fisika bisa masuk jurusan apa saja? Salah satunya adalah Teknik Nuklir. Belajar di jurusan ini memberikan kesempatan untuk mempelajari penerapan ilmu fisika dan teknologi, khususnya dalam menghasilkan energi listrik melalui reaksi nuklir.

Materi yang dipelajari meliputi aspek teoritis dan praktis reaksi nuklir, desain dan pengoperasian reaktor nuklir, pengelolaan bahan radioaktif, hingga keselamatan nuklir. Anda juga akan belajar tentang penerapan teknologi nuklir di bidang medis, industri, dan penelitian.

6. Geofisika

Anda juga bisa masuk ke Departemen Geofisika. Dari namanya tentu sudah bisa ditebak bahwa jurusan ini dekat dengan fisika. Selain struktur bumi dan proses geologi, kuliah di departemen ini mencakup geofisika terestrial, geofisika kelautan, geofisika atmosfer, geofisika planet, magnetometer, hingga eksplorasi minyak dan gas serta pengelolaan sumber daya alam.

7. Oseanografi

Rekomendasi jurusan SNBP bagi yang nilai fisikanya bagus adalah Oseanografi. Dosen di departemen ini mempelajari proses fisika, kimia, biologi dan geologi yang terjadi di laut.

Ada materi fisika kelautan, kimia kelautan, biologi kelautan, geologi maritim, geofisika maritim, teknologi observasi kelautan, dan pengelolaan sumber daya kelautan. Jika Anda tertarik dengan eksplorasi sumber daya laut, pengelolaan lingkungan laut, bahkan prakiraan cuaca dan iklim, jurusan sains yang satu ini sangat layak dipertimbangkan.

8. Teknik Fisika

Selain fisika murni, bagi kamu yang sangat menyukai fisika bisa memilih kuliah di Jurusan Teknik Fisika. Di jurusan ini kamu belajar tentang penerapan prinsip fisika dalam bidang teknologi.

Materi yang dipelajari meliputi mekanika, termodinamika, elektronika, optik, serta materi yang lebih spesifik seperti fisika material, fisika teknologi, fisika plasma, dan sebagainya. Berbagai metode yang dipelajari selama perkuliahan ditujukan untuk merancang, membuat, dan mengukur sistem berbasis teknologi berbasis fisika.

9. Teknik Sipil

Apakah Anda tertarik dengan teknologi, tetapi tidak ingin fokus sepenuhnya pada fisika? Jangan khawatir, masih ada jurusan alternatif untuk mahasiswa fisika dengan peluang kerja yang besar, yaitu Teknik Sipil.

Di sini Anda belajar tentang cara merancang, membangun, dan memelihara struktur fisik, seperti jembatan, gedung, jalan, dan bendungan. Materi yang dipelajari meliputi dasar-dasar mekanika tanah, teknik struktur, teknik jalan, teknik pengairan, teknik lingkungan, hingga manajemen proyek.

10. Teknik Pertambangan

Masih ada lagi, jurusan kuliah untuk anak fisika dengan peluang kerja yang besar yaitu Teknik Pertambangan. Kuliah umum IPA ini mempelajari tentang bagaimana menggali, mengebor, mengekstraksi, dan mengolah sumber daya mineral dan batubara.

Mahasiswa Teknik Pertambangan harus menguasai dasar-dasar geologi, geologi teknik, teknik pertambangan, mekanika tanah dan batuan, teknik lingkungan, dan manajemen pertambangan.

11. Teknik Penerbangan

Jika kamu masih bingung jurusan fisika pekerjaan apa yang kamu ambil, mungkin Teknik Penerbangan bisa membantumu menemukan jawabannya. Disini kamu akan menjadi seorang pilot setelah lulus dari jurusan kuliah sains ini. Lulusan Teknik Penerbangan sebenarnya dibutuhkan sebagai teknisi di pabrik pesawat atau maskapai penerbangan.

Mahasiswa Teknik Penerbangan akan belajar banyak tentang cara kerja, desain, perawatan pesawat terbang, dan sistem penerbangan. Jurusan ini masih merupakan jurusan kuliah fisika karena materi yang dipelajari meliputi prinsip-prinsip aerodinamika, mesin pesawat, desain dan konstruksi pesawat, sistem navigasi, dan masih banyak lagi.

12. Teknik Kimia

Jurusan ini tidak sepenuhnya merupakan jurusan perguruan tinggi yang berhubungan dengan fisika. Namun, jika Anda menyukai fisika, kemungkinan besar Anda tidak akan membenci kimia.

Jika Anda sudah mengenal kimia saat di bangku sekolah, tidak akan canggung menjadi mahasiswa jurusan IPA. Toh materi yang dipelajari di Teknik Kimia masih bersinggungan dengan fisika, seperti termodinamika, kinetika, elektrokimia, dan lain-lain.

13. Teknik Elektro

Jurusan fisika ini mengkaji bagaimana cara menggunakan, mengontrol, dan mengembangkan sistem yang menggunakan listrik dan elektronika. Kalian pasti sudah familiar dengan materi listrik dan elektronika saat belajar fisika kan?

Nah, di kampus nanti kamu akan belajar lebih banyak materi, seperti mengendalikan sistem mekanik menggunakan sinyal listrik, bertukar informasi menggunakan teknologi komunikasi, merancang sistem komputer, mengembangkan robot, dan lain sebagainya.

14. Teknik Mesin

Teknik Mesin juga merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan fisika. Di sini Anda akan belajar tentang cara merancang, membuat, dan mengoperasikan mesin dan sistem mekanis. Mekanika tanah, mekanika fluida, mekanika benda padat, sistem tenaga mekanik, dan termodinamika adalah beberapa mata pelajaran fisika yang akan dipelajari sebagai mahasiswa Teknik Mesin.

Dari sederet rekomendasi di atas, apakah Anda sudah menemukan jurusan pilihan Anda di SNBP? Jangan khawatir jika Anda masih ragu untuk memilih jurusan. Tes Jurusan Perguruan Tinggi siap membantu Anda menemukan jurusan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

(REN)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *