Lulusan Cum Laude di University of Oxford, Ini 4 Tips Belajar ala Maudy Ayunda

Lulusan Cum Laude di University of Oxford, Ini 4 Tips Belajar ala Maudy Ayunda

Siapa yang tidak tahu Maudy Ayunda. Aktris dan penyanyi Indonesia ini memiliki prestasi gemilang di tengah kesibukan kariernya. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya sebagai lulusan terbaik di universitas terbaik dunia, Universitas Oxford mengambil jurusan Politik, Filsafat, dan Ekonomi (APD).

Tak berhenti sampai di situ, saat hendak melanjutkan S2, Maudy malah diterima di universitas tersebut Universitas Harvard dan Universitas Stanford. Akhirnya ia memilih untuk melanjutkan studinya selama dua tahun di Universitas Stanford dengan dua jurusan sekaligus, Bidang Administrasi Bisnis dan Pendidikan.

Maudy Ayunda sangat menginspirasi anak muda di Indonesia. Ia membagikan tips belajarnya selama kuliah di dua universitas bergengsi di dunia. Ingin tahu? Lihat di bawah ini.

1. Catat Poin-Poin Penting

Mencatat Poin Penting Wajib Maudy Ayunda (Instagram/@Maudyayunda)
Ilustrasi catatan Maudy Ayunda (Instagram/@Maudyayunda)

Bagi Maudy Ayunda, mencatat poin-poin penting selama perkuliahan merupakan hal yang wajib bagi mahasiswa. Ketika kita memiliki catatan, kita bisa belajar dengan lebih efektif dan diarahkan. Kita tidak perlu bingung harus mulai belajar dari mana. Cukup membaca kembali poin-poin penting yang telah dicatat sebelumnya.

Selain itu, kita juga tidak perlu banyak membaca buku saat akan menghadapi ujian. Menurut Maudy, mencatat poin-poin penting saat perkuliahan membuat Maudy lebih mudah berkonsentrasi dan tidak cepat lupa dengan materi yang dipelajarinya.

2. Tinjau tugas secara rutin

Maudy Ayunda Mengulas Tugas (Instagram/@Maudyayunda)
Maudy Ayunda (Instagram/@Maudyayunda)

Saat masih kuliah, Maudy Ayunda selalu mereview tugas-tugasnya yang dinilai oleh para dosen. Dia selalu melihat kembali jawabannya untuk menemukan di mana dia salah. Ketika jawaban yang diberikannya salah, berarti pemahamannya terhadap materi masih kurang.

Maudy kemudian mempelajarinya kembali hingga benar-benar paham. Dengan begitu, di ujian selanjutnya dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Menurutnya, kita tidak hanya fokus pada jumlah nilai, tetapi juga menjadikan penilaian dosen sebagai tolak ukur pemahaman kita.

3. Fokus pada materi yang tidak Anda mengerti

Fokus pada materi yang belum dipahami (Instagram/@Maudyayunda)
Maudy Ayunda (Instagram/@Maudyayunda)

Meski Maudy Ayunda dikenal sebagai wanita jenius, tentu saja ia tidak bisa langsung memahami semua materi. Pasti ada beberapa materi yang sulit baginya. Satu dari kiat belajar efektif menurut Maudy Ayunda adalah fokus pada materi yang belum dipahami.

Setiap kali membaca buku, Maudy selalu memberi tanda pada apa yang sulit dipahaminya. Nah, materi inilah yang sangat diperhatikan Maudy saat belajar. Dia rajin mencari kelemahan dan kekurangannya.

Dengan begitu, Maudy tidak perlu membaca materi dari awal. Ia hanya perlu mengulang materi yang belum ia pahami hingga ia benar-benar memahaminya.

4. Menggunakan Teknik Skimming

Membaca dengan Teknik Skimming (Instagram/@Maudyayunda)
Ilustrasi bacaan (Instagram/@Maudyayunda)

Teknik skimming atau membaca cepat menjadi salah satu tips belajar Maudy Ayunda. Teknik skimming digunakan untuk mengetahui gambaran umum suatu buku.

Membaca cepat juga memudahkan kita menemukan informasi penting di buku tanpa menyita banyak waktu. Untuk materi yang sulit dipahami bisa kita tandai untuk dipelajari kembali.

Dengan begitu belajar lebih efektif dan lebih menghemat waktu. Buku juga lebih banyak dibaca daripada menggunakan teknik biasa. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin banyak pengetahuan kita bertambah.

Nah itulah tips belajar Maudy Ayunda yang bisa kita terapkan di bangku kuliah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *