UIN Saizu Purbalingga Buka Pendaftaran Perkuliahan Tahun Ini, Berikut Daftar Jurusannya

UIN Saizu Purbalingga Buka Pendaftaran Perkuliahan Tahun Ini, Berikut Daftar Jurusannya

PURWOKERTO.SUARA.COM, PURBALINGGA – Gedung Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Prof KH Saifudin Zuhri di Desa Karangsentul, Purbalingga ditargetkan selesai pada November 2023. Dengan demikian, UIN Saizu Purwokerto bisa membuka pendaftaran tahun ini.

Rektor UIN Saizu dan Bupati Purbalingga telah meletakkan batu pertama pembangunan kampus pada 11 Oktober 2022. Di lokasi tersebut akan dibangun gedung pendidikan terpadu, asrama, laboratorium bahasa dan multimedia, gedung pendidikan profesi dan sertifikasi.

Nilai kontrak pembangunan gedung tersebut adalah Rp. 115 Miliar yang ditargetkan selesai pada 28 November 2023. Kampus II UIN Saizu berdiri di atas tanah yang merupakan tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Saat ini progres pembangunan UIN Saizu Purbalingga telah mencapai 38,9 persen. Ada lima gedung yang ditargetkan selesai tahun ini.

Baca juga:Sektor Ganda Putra Semifinal India Open 2023, Indonesia Kirim Satu Wakil!

“Insya Allah sesuai target akan selesai lima gedung sehingga bisa segera dioperasionalkan untuk menerima mahasiswa baru,” ujar Rektor UIN Saizu, Mohammad Roqib saat ditemui Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Ruang Rapat Bupati, Kamis 19 Januari 2023.

Pada tahap pertama, UIN Saizu akan mengoperasikan Fakultas Sains dan Teknologi. Ada lima program studi yang dibuka, yaitu Arsitektur, Informatika, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Lingkungan dan Fisika.

Selain perkuliahan, Kampus UIN Saizu Purbalingga juga akan menjadi pusat pendidikan dan sertifikasi profesi.

Roqib menambahkan, UIN akan menjalankan program mitra pesantren dan integrasi keilmuan dalam bentuk Mahad Al Jamiah di Kampus Purbalingga. Selain mempelajari sains, mahasiswa UIN juga akan dibekali dengan ilmu-ilmu agama dan sosial.

“Jadi mahasiswa kita misalnya, meski berprofesi sebagai arsitek, juga mampu menjawab soal-soal agama sehingga menjadi orang baik yang sejahtera sekaligus bahagia,” ujarnya.

Baca juga:Sedikit Diketahui! 3 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Untuk program mitra pesantren dan integrasi keilmuan, Roqib mengharapkan kerjasama dan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyambut baik progres pembangunan UIN Saizu. Keberadaan kampus tersebut diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

“Salah satunya, program unggulan kami adalah desa digital. Kami berharap UIN Saizu dapat bersinergi mendorong pelayanan publik di desa dengan digitalisasi,” ujarnya.

Selain itu, program integrasi sains dan agama yang dijalankan UIN Saizu dalam pembelajarannya juga dinilai sangat baik.

“Kami sangat mengapresiasi. Jadi, bukan hanya meningkatkan IPM tapi berkontribusi pada pembangunan agama,” ujarnya.

Bupati Tiwi pun menyatakan siap bekerjasama untuk program mitra pesantren. Menurutnya, Pemkab Purbalingga terus membina hubungan baik dan selalu memberikan dukungan untuk pengembangan pesantren.

“Saat ini kita ada kegiatan pemberdayaan ekonomi pesantren, memberikan bantuan operasional pesantren, beasiswa untuk santri dan lain-lain. Ini peluang yang bisa disinergikan,” ujarnya. ***


Memuat…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *