Prodi Kompak Polines Raih Akreditasi Internasional

tanpa judul

Krjogja.com – SEMARANG – Program Studi (Prodi) Komputerisasi Akuntansi (Kompak) Sarjana Terapan, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil mendapatkan akreditasi internasional.

Akreditasi tersebut diberikan oleh HEEACT (Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan) yang merupakan lembaga akreditasi internasional independen yang berasal dari Taiwan.

Direktur Polines Prof. Dr. Totok Prasetyo BEng (Hons) MT IPU ASEAN.Eng ACPE senang dan bangga Prodi Kompak bisa mendapatkan akreditasi internasional.

“Prodi ini sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi nasional A, makanya kami ajukan untuk akreditasi internasional,” jelasnya di kantor Direktur, Kampus Polines, Tembalang, Semarang, Jumat (27/1/2023).

Prof Totok menambahkan, dengan diraihnya akreditasi internasional ini juga merupakan implementasi dari delapan Key Performance Indicators (IKU) yang dikeluarkan Kemdikbud, sehingga semakin banyak prodi yang terakreditasi, Kemdikbud akan memberikan tambahan penghargaan dan dana kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai bonus keunggulan IKU. .

“Pencapaian ini juga akan meningkatkan akreditasi institusi Polines. Polines juga berharap kedepannya 27 prodi di Polines bisa mendapatkan peningkatan akreditasi baik secara nasional maupun internasional,” ujar Direktur Polines.

Akreditasi ini merupakan suatu keharusan baik untuk akreditasi institusi maupun akreditasi program studi. Hal ini menjadi prasyarat bagi lembaga lain baik eksternal maupun mitra untuk menerima lulusan Polines.

Sebagai tambahan informasi, Higher Education Evaluation & Accreditation Council of Taiwan (HEEACT) didirikan pada tahun 2005 dan mulai melakukan asesmen terhadap institusi pendidikan dan perguruan tinggi di Taiwan pada tahun 2006. Secara resmi pada tahun 2007 mulai diberikan tanggung jawab untuk melakukan pemeringkatan proyek penelitian, baik nasional maupun internasional. maupun secara global.

Perolehan akreditasi internasional ini merupakan komitmen dan sejalan dengan visi Polines sebagai universitas Indonesia kelas dunia yang menjalankan proses penyelenggaraan pendidikan dengan standar dan kualitas internasional.

Dengan akreditasi HEEACT pada program studi Kompak Sarjana Terapan menunjukkan kematangan prodi dalam menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek perjalanan mahasiswa, mulai dari perkuliahan, pengayaan bahkan menjadi alumni.

Kaprodi Komputerisasi Akuntansi Afiat Sadida SKom MM merasa bersyukur Proses Akreditasi Internasional ini telah mendapat dukungan penuh dari seluruh Pimpinan Polines serta dukungan penuh infrastruktur dari Kepala Departemen Akuntansi Polines, dan merasa lega telah meraih Akreditasi Internasional untuk pertama kali untuk program studi yang ada di Politeknik Negeri Semarang.

“Proses Akreditasi Internasional ini membutuhkan persiapan yang panjang, semua aspek Tri Dharma PT dinilai. Kami dari prodi Komputerisasi Akuntansi telah membentuk tim Akreditasi Internasional yang bekerja memenuhi standar yang ditetapkan oleh HEEACT untuk mencapai Akreditasi Internasional ini,” tambah Ketua Prodi Komputerisasi Akuntansi, Departemen Akuntansi Polines.

Senada dengan itu, Ketua Jurusan Akuntansi Polines Siti Arbainah SE MM menyampaikan bahwa raihan Akreditasi Internasional prodi Komputerisasi Akuntansi memberikan warna dan semangat baru bagi Jurusan Akuntansi. Banyak peluang yang membuka peluang kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri dan dapat menambah program kelas Internasional di Jurusan Akuntansi.

“Semoga kedepannya program kerjasama internasional dapat tercapai dan dapat memberikan semangat baru bagi program studi lainnya”, tambah Ketua Departemen. (Sgi)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *