Ratusan Karya Sivitas Akademik UIN Malang Diboyong ke Belanda

Ratusan Karya Sivitas Akademik UIN Malang Diboyong ke Belanda

Miskin, NU Online Jawa Timur

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang menerima kunjungan Perwakilan Koninklijk Institut voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV), Jakarta, Selasa (24/01/2023). Staf KITLV Jakarta, Dini Aryani dan Wulandari ditemui oleh Ketua FIB di ruang Dekan FIB UIN Malang.

Dini Aryani menjelaskan, maksud dan tujuan kunjungannya ke Fakultas Ilmu Budaya UIN Malang adalah untuk meminta koleksi karya sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya terkait humaniora dan IPS Indonesia.

Selanjutnya, karya-karya sivitas akademika UIN Malang nantinya akan dikatalogkan. Kemudian dikirim ke perpustakaan Universitas Leiden, Belanda, untuk diarsipkan secara digital.

“Kami meminta koleksi dari Fakultas Ilmu Budaya untuk dikatalogkan, diarsipkan, dan kemudian disimpan di perpustakaan Universitas Leiden,” jelas Dini Aryani.

Sementara itu, Dekan FIB Dr M Faisol menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan KITLV-Jakarta. Menurutnya, keberadaan KITLV Jakarta merupakan ajang untuk meningkatkan kualitas akademik khususnya di Fakultas Ilmu Budaya UIN Malang.

“Terima kasih atas kunjungannya. Fakultas Ilmu Budaya berharap kunjungan ini dapat membuka kerjasama untuk peningkatan akademik di fakultas ini,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, ratusan karya sivitas akademika FIB baik dari dosen maupun mahasiswa diserahkan langsung kepada perwakilan KITLV Jakarta oleh Dekan FIB.

“Koleksi ini merupakan hasil karya dosen, dan sebagian besar lainnya merupakan produk perkuliahan yang menerapkan kurikulum berbasis OBE,” terangnya.

Senada dengan itu, saat ditemui, Wakil Dekan Bidang Akademik FIB Dr. Halimi menyatakan, permintaan KITLV Jakarta untuk koleksi karya akademisi FIB merupakan bentuk kepercayaan pihak luar terhadap kualitas. publikasi di Fakultas Ilmu Budaya.

“Kami bersyukur kumpulan teman-teman Fakultas Ilmu Budaya telah menarik perhatian KITLV Jakarta. Ini merupakan bentuk pengakuan yang luar biasa bagi fakultas,” tegasnya.

Sebagai informasi, KITLV Jakarta merupakan perwakilan dari KITLV Leiden yang bergerak di bidang koleksi buku dan majalah di bidang ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan dari instansi pemerintah, lembaga swasta, universitas, atau terbitan umum dan komersial terbuka. Ini kemudian akan disimpan di Perpustakaan Universitas Leiden dalam bentuk asli, digital dan/atau mikrofilm.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *