Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK, Ini Pilihannya! 

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK, Ini Pilihannya! 

Jurusan kuliah untuk anak SMK ada beberapa jenisnya. Hingga untuk anak SMK masih bisa dengan bebas ambil jurusan kuliah sama sesuai bakat dan minat. Sekarang anak SMK semenjak sekolah bukan sekedar bisa beorientasi untuk memperoleh tugas saat lulus.

Tetapi dapat diorientasikan untuk meneruskan ke pendidikan tinggi atau perguruan tinggi negeri atau swasta terbaik. Untuk lulusan SMK dapat pilih jurusan kuliah di PTN /PTS berdasar sektor keilmuan yang sudah didalaminya di kursi Sekolah Menengah Kejuruan.

Untuk anak SMK saat menentukan jurusan kuliah harus dipikir dengan matang. Ingat ada banyak jurusan kuliah yang pas untuk anak SMK dan ada banyak jurusan kuliah yang tidak pas untuk lulusan SMK. Untuk anda anak SMK yang memutuskan untuk meneruskan kuliah karena itu ada banyak jurusan kuliah yang pas untuk anda.

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK

Ada beberapa keunggulan pada sekolah di SMK. Sekolah di SMK jurusan ilmu yang didalami lebih mengarah dan specialist daripada SMA yang umum. Disamping itu, sekolah di SMK beberapa siswa disiapkan masuk ke dunia kerja yang mendapatkan uang.

Tetapi tidak berarti lulusan SMK tidak dapat kuliah di perguruan tinggi. Anak SMK masih tetap dapat kuliah di perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta dengan ambil jurusan yang sesuai jurusan atau yang lain jurusan dari waktu sekolah.

Di tengah-tengah kompetisi dunia kerja yang tinggi sekali seringkali lulusan SMK tidak cukup hanya memercayakan ijazah. Beberapa perusahaan jumlah besar mengutamakan untuk mengambil tenaga kerja lulusan perguruan tinggi. Hal itu membuat anak-anak SMK sebagiannya cenderung pilih untuk meneruskan pendidikan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan.

Sekarang ini tiap tahun jumlah lulusan SMK tidak kalah banyak dalam jumlah lulusan SMA yang berada di Indonesia. Beberapa dari lulusan SMK itu masuk ke dunia kerja dan beberapa kembali memutuskan untuk tingkatkan jenjang pendidikan ke jenjang pendidikan semakin tinggi yaitu S1 atau perguruan tinggi.

Salah satunya pertanyaan yang kemungkinan mengelitik beberapa anak SMK ialah apa SMK dapat kuliah berbeda jurusan? Apa jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ harus juga yang sama sesuai? Ingat ada banyak anak-anak SMK tidak minat dan bakat dan jemu pada jurusan yang diputuskannya saat duduk di kursi SMK.

Ada beberapa alasan dan motivasi anak SMK pilih jurusan baru untuk meneruskan kuliahnya. Tetapi yang menjadi pertanyaan apa mereka dapat ambil jurusan kuliah yang lain dengan jalurnya saat duduk di kursi SMK?

Apa SMK Dapat Kuliah Berbeda Jurusan

Salah satunya hal kerap ditanya oleh mereka yang baru lulus SMK ialah apa SMK dapat kuliah berbeda jurusan seperti lulusan SMA ? Ingat simpang siurnya informasi berkenaan lulusan SMK dapat kuliah berbeda jurusan atau mungkin tidak jadi topik yang memikat.

Klik juga : JURUSAN DAN FAKULTAS DI UI, BAIK UNTUK IPA DAN IPS

Sekolah SMK telah makin mengalami perkembangan cepat sekarang ini. Tiap tahun jumlah SMK selalu semakin bertambah di kota atau penjuru perdesaan. Hal itu tidak lepas dari apresiasi masyarakat yang tinggi sekali pada kehadiran sekolah menengah kejuruan. Beberapa orang-tua siswa semakin banyak pilih menyekolahkan anak mereka ke SMK daripada sekolah SMA yang memiliki sifat umum.

1.Lintasi Jurusan

Anda dapat pilih lintasi jurusan. Contoh bila saat sekolah di SMK, anda kurang tertarik pada jurusan sekolah yang diambil. Seterusnya di saat daftar kuliah dapat pilih jurusan baru yang tidak ada hubungan dengan jurusan yang diambil saat di SMK.

Misalnya bila saat sekolah di SMK anda ambil jurusan teknik elektro karena itu saat daftar dan pilih jurusan SBMPTN, anda bisa pilih kuliah jurusan ekonomi atau jurusan agama Islam sama sesuai ketertarikan.

2.Jurusan Linear

Dan untuk contoh jurusan kuliah untuk anak SMK yang memiliki sifat linear ialah mereka yang sekolah di SMK ambil jurusan akuntansi. Selanjutnya saat akan mendaftarkan kuliah ambil jurusan kuliah yang serupa yaitu kuliah di fakultas akuntansi atau ekonomi.

Tiap jurusan linear atau lintasi jurusan yang diputuskan anak SMK memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika ambil jurusan linear memiliki arti anak SMK akan makin pintar pada jurusan yang diputuskannya semenjak awalnya dari SMK sampai universitas.

Kebalikannya jika anda lulusan SMK yang ambil langkah lintasi jurusan mirip contoh anda yang disebut jurusan elektro yang ambil jurusan kuliah ilmu komunikasi, teknik perminyakan, teknik pertambangan, jurusan agama Islam atau ekonomi dan lain-lain memiliki arti anda lakukan lintasi jurusan atau mungkin tidak mengarah kuliahnya.

Akan berasa percuma ilmu jurusan yang anda dalami saat sekolah di SMK jika anda ambil jurusan yang lain waktu kuliah. Untuk lulusan SMK yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta dan pilih lintasi jurusan karena itu anda diwajibkan lewat beberapa lajur masuk yang sudah diputuskan. Satu diantaranya penyeleksian berdikari.

Panduan Pilih Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK

Salah satunya kekurangan dari anak SMK ambil jurusan berlainan ialah kadang mereka tidak sanggup ikuti beberapa materi dan mata kuliah jalurnya yang baru. Apa lagi jurusan yang baru itu tidak ada sangkut pautan sedikitpun dengan jalurnya saat dia duduk di kursi SMK. Pasti lulusan SMK harus berusaha lebih keras untuk pahami dan pelajari dari beberapa dasar keilmuan dari jurusan baru yang diambilnya.

Buat anda yang lulusan SMK karena itu kadang kebingungan untuk tentukan jurusan kuliah. Berikut beberapa pemikiran untuk anda lulusan SMK saat menentukan jurusan, diantaranya:

1.Sama sesuai Jurusan Sekolah

Ambil jurusan kuliah untuk anak SMK dapat berdasar jurusan sekolah yang diambil. Misalnya anda ambil jurusan teknik mesin saat di SMK karena itu anda dapat pilih jurusan teknik mesin di perguruan tinggi negeri atau swasta. Dalam masalah ini, anda ambil jurusan yang linear.

2.Prospek Kerja

Anak SMK bisa juga pilih jurusan kuliah berdasar prospek kerja yang ceria dari lulusan jurusan kuliah itu. Terhitung jurusan yang dapat memberi lulusannya upah yang tinggi.

3.Yang Memberikan Peluang Praktik Lebih Besar

Sebagai keunikan anak SMK ialah semakin banyak praktik pada proses evaluasi daripada anak SMA. Hingga bila ingin kuliah dan akan lintasi jurusan karena itu benar-benar disarankan untuk ambil jurusan kuliah yang semakin banyak memberi praktik. Agar anak SMK tidak jemu dengan jurusan kuliah yang diputuskannya. Contoh program S1 Aplikasi, D4,atau D3.

4.Linear atau Lintasi Jurusan

Pemikiran yang lain dapat diputuskan oleh anak lulusan SMK ialah ambil jurusan kuliah yang linear atau lintasi jurusan.

Opsi Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK

Pada intinya lulusan SMK dapat kuliah dengan ambil jurusan kuliah yang lain dari yang didalaminya waktu di jurusan SMK. Semuanya bergantung peraturan faksi universitas.

Karena ada beberapa faksi universitas yang memperkenankan anak SMK ambil jurusan kuliah yang lain dan ada jurusan kuliah yang tidak membolehkan lulusan SMK masuk pada jurusan yang lain itu.

Berikut beberapa jurusan kuliah yang paling pas untuk anak SMK, diantaranya :

1.Desain Komunikasi Visual

Salah satunya jurusan kuliah yang pas untuk anak lulusan SMK ialah jurusan Desain Komunikasi Visual. Prospek kerjanya sangatlah baik dan dapat bekerja pada bagian copywriting,visual branding, tipografi, seni rupa, rumah produksi, agen advertensi, atau bekerja di tubuh pemerintah yang mengurus industri inovatif.

2.Teknik Informatika

Jurusan kuliah untuk anak SMK berikut jurusan teknik informatika yang memiliki masa datang yang ceria. Yang didalami pada jurusan teknik informatika ialah kepandaian bikinan, algoritme komputer, bahasa pemograman dan lain-lain.

Prospek kerjanya dapat bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta untuk bekerja sebagai programmer, konselor ahli IT berpenghasilan paling besar, software engineer dan lain-lain.

3.Farmasi

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK setelah itu Farmasi. Jurusan kuliah sektor kesehatan sebagai opsi jurusan yang paling baik untuk diputuskan. Ingat keperluan masyarakat pada kesehatan besar sekali pada sekarang ini.

Yang membuat industri beberapa obat makin tumbuh memberikan keuntungan dan tumbuh subur dimana saja memberi kesempatan kerja untuk siapa saja yang pilih jurusan kesehatan seperti farmasi.

Untuk anda lulusan SMK farmasi karena itu anda dapat meneruskan kuliah pada jurusan kuliah Farmasi dengan program D4, atau S1. Yang selanjutnya dapat bekerja sebagai tenaga apoteker, bekerja di laboratorium, maupun membuat bisnis apotek atau pabrik obat secara berdikari.

4.Tata Baju

Opsi jurusan kuliah untuk anak SMK yang lain ialah jurusan tata baju untuk meneruskan kuliah ke perguruan tinggi. Karena jurusan kuliah tata baju benar-benar pas diputuskan oleh anak SMK yang ada pada jurusan SMK yang serupa.

5.Teknik Industri

Teknik industri jadi jurusan kuliah yang paling pas selanjutnya untuk anak SMK yang terlatih dengan praktikum.

6.Jurusan Akuntansi

Paling akhir, jurusan kuliah yang paling pas untuk anak SMK yang mempunyai prospek kerja ceria ialah jurusan kuliah akuntansi.

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK TKJ

Walau lulusan SMK dapat pilih jurusan lain, tetapi ada banyak jurusan kuliah yang tidak dapat dimasuki oleh lulusan SMK yakni jurusan pendidikan kedokteran. Lulusan SMK tidak dapat ambil jurusan kuliah pendidikan kedokteran karena ilmu yang didalami pada fakultas kedokteran benar-benar berlainan dan memerlukan kepenguasaan materi dasar semenjak kursi SMA.

Disamping itu jurusan kuliah yang lain yang tidak dapat dimasuki oleh lulusan SMK ialah jurusan pendidikan kedokteran gigi dan jurusan kebidanan. Selainnya jurusan itu, lulusan SMK bisa ambil jurusan yang lain dan itu bukan hal yang terlarang. Yang perlu lulusan sekolah menengah kejuruan itu sanggup ikuti mata kuliah dengan baik pada jurusan kuliah baru itu.

Berikut daftar jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ yang paling pas dan menjadi rekomendasi Anda.

  • Akuntansi
  • Pemasaran/Pemasaran
  • Publisistik
  • Animasi
  • Teknik Electronica
  • Jurusan Multimedia
  • Jurusan Ilmu Telekomunikasi
  • Jurusan Manajemen Informatika
  • Teknik Informatika
  • Jurusan Teknik Komputer

Panduan Ambil Jurusan Kuliah Berlainan dari Jurusan SMK

Pertanyaan awalnya apa SMK dapat kuliah berbeda jurusan pasti sudah terjawab. Untuk mereka yang lulusan SMK dan ambil jurusan kuliah baru yang lain sudah pasti agar lebih berusaha keras pelajari jurusan ilmu yang diambilnya dari 0.

Untuk Anda yang ambil jurusan kuliah untuk anak SMK yang lain bisa juga berhasil raih prestasi atau cumlaude dengan nilai-nilai ujian yang bagus. Ketentuannya sudah pasti harus memiliki niat, semangat dan kemauan yang paling kuat untuk dapat sukses di jurusan baru yang diputuskannya di kursi kuliah.

Berikut beberapa panduan sukses untuk mereka yang lulusan SMK pilih jurusan yang lain,diantaranya:

1.Belajar Lebih Keras

Untuk lulusan SMK yang ambil jurusan kuliah yang lain tentunya harus belajar lebih keras dari anak-anak mahasiswa lainnya karena untuk memburu ketinggalan pada beberapa materi kuliah. Lulusan SMK itu harus betul- betul pelajari mata pelajaran kuliah yang diputuskannya dari 0 dari belum mengetahui sama sekalipun.

2.Jadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi

Panduan selanjutnya untuk lulusan SMK yang pilih jurusan berlainan ialah diwajibkan jadi mahasiswa yang aktif. Langkah ini akan membuat lulusan SMK dapat berkompetisi dengan lulusan SMA yang sudah pelajari jurusan yang diputuskan awalnya. Tidak sangsi beberapa mahasiswa yang dari lulusan SMK yang ambil jurusan kuliah berlainan dapat sukses dan berprestasi menaklukkan anak-anak lulusan sma yang satu jurusan.

Untuk lulusan SMK yang pilih jurusan kuliah yang lain karena itu harus jadi mahasiswa yang lebih aktif. Dalam makna, dia agar lebih aktif dalam pelajari mata kuliah-mata kuliah dari jurusan yang diputuskannya.

Dia agar lebih aktif menanyakan ke dosen atas mata pelajaran yang belum dipahaminya. Selanjutnya dia perlu minta dana untuk kawan-kawan kuliahnya untuk mengajari mata pelajaran di kuliah yang belum dimengerti secara baik.

Dengan jadi mahasiswa yang aktif itu, lulusan SMK yang ambil jurusan berlainan menjadi mahasiswa berprestasi dengan persyaratan lebih usaha keras saat belajar dan rajin belajar selama waktu. Perlahan-lahan nilai-nilai ujian UAS atau UTS dapat tinggi sekali. Bahkan juga nantinya dia dapat capai status terpandang sebagai mahasiswa berprestasi lulusan cumlaude.

Demikian program studi dan jurusan kuliah untuk anak SMK. Walau pilih jurusan yang lain dari jurusan di SMK memungkinkannya tetapi tidak seluruhnya perguan tinggi keluarkan ketentuan yang serupa. Hingga Anda perlu lebih cermat dan selective dalam pilihnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *