Ini Alasan Hasto Ajak Mahasiswa Tinjau PT Pupuk Kujang

Merdeka.com – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mencoba keluar dari rutinitasnya di luar politik. Kali ini bersama mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) mengunjungi PT Pupuk Kujang.

Hasto yang didampingi oleh Dirut PT Pupuk Kujang Maryadi bersama Komisaris Riad Oscha Chalik dan Jurusan Teknik Mesin Universitas Pertahanan Letkol Wawan, selain mengamati dan berdiskusi. Ia terkesan dengan kegiatan tersebut.

“Kunjungan ini menarik. Di luar rutinitas dunia politik. Banyak hal dan istilah yang digunakan selama kuliah mungkin agak terlupakan. Termasuk di tempat kerja. Tapi presentasi dan observasi langsung ini membuat saya deg-degan dan bernostalgia,” ujarnya, Rabu (18/1).

Ia mengingatkan, jika Indonesia ingin maju, Sumber Daya Manusianya harus mampu menguasai ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi.

“Makanya sejak awal kami mengajak mahasiswa Teknik Mesin Militer dan Kimia Militer Unhan untuk melihat pabrik pupuk Amoniak dan Urea yang sangat kompleks dan rumit, sehingga mahasiswa memiliki imajinasi bahwa apa yang mereka pelajari dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat. masa depan bangsa dan negara, jelas Hasto.

2 dari 2 halaman

Ia juga menceritakan saat membangun pabrik di Pusri, Palembang. Padahal, saat itu ada kebosanan dengan menu makanan. “Dua tahun ini, siang hari saya selalu makan nasi padang di kantor,” kata Hasto.

“Dulu saya bisa dengan cepat memanjat stripper,” lanjutnya sambil menunjuk ke stripper yang menyerupai menara setinggi 70 meter.

Hasto tampak mengamati belasan monitor dan sempat bertanya kepada staf yang bertugas. Ia juga sempat menanyakan bagaimana mekanisme peningkatan kinerja pabrik yang saat ini dilakukan.

Di akhir kunjungan, Hasto berharap hampir 50 mahasiswa yang hadir hari ini dapat menimba ilmu dan menginspirasi mereka untuk lebih semangat belajar.

Terkait saran tersebut, sebagai Process Engineer di PT Pupuk Kujang, Rahayu mengatakan berbagai informasi di kampus tidak sia-sia. Namun, teori-teori tersebut akan diuji di lapangan setelah berhasil.

Reporter: Putu Merta Surya Putra/Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Hasto: Sumber daya alam Indonesia besar, kesenjangan pengetahuan dan teknologi membuatnya tertinggal
Dampingi Mahasiswa ke Pabrik Pupuk Kujang, Hasto: Bercita-cita Unggul Bangsa
Sekjen PDIP Tegaskan Tidak Ada Peristiwa Politik di Hari Ulang Tahun Megawati
Ganjar Diteriakkan Presiden di HUT PDIP, Sekjen: Sampaikan Ekspresi Boleh
Sekjen PDIP Sebut Kemungkinan Megawati Umumkan Capres 1 Juni 2023
Soal Koalisi Pemilu 2024, PDIP: Keputusan ada di tangan Megawati
Isu Reshuffle Kabinet, PDIP Siapkan Kader Terbaik Jadi Menteri Jika Diminta Jokowi

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *